January 16, 2022

5 Nutrisi pada Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Pada Masa Kehamilan

Kehamilan adalah kabar yang membahagiakan bagi seorang wanita. Pada masa ini calon Ibu akan melakukan apapun untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat hingga melahirkan. Tidak cukup hanya rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan, tak kalah penting adalah menjaga asupan nutrisi pada ibu hamil.

Agar janin yang dikandung dapat berkembang dan tumbuh dengan baik serta tidak adanya keluhan kurang gizi pada ibu hamil, maka ibu dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung nutrisi seperti yang terangkum di bawah ini;

  • Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi pada ibu hamil yang sangat penting untuk perkembangan bayi karena dapat mempengaruhi kesempurnaan organ tubuh dan otak saat di dalam rahim. Nutrisi ini paling banyak diperlukan pada kehamilan awal hingga berusia 12 minggu. Asam folat bisa diperoleh dari suplemen khusus ibu hamil. Atau bisa pula mendapatkannya dari aneka sayuran berwarna hijau, seperti bayam dan brokoli, kedelai, alpukat dan pepaya.

  • Kalsium

Kalsium berperan penting untuk perkembangan tulang pada janin. Oleh karena itu selama masa kehamilan asupan kalsium harus terpenuhi. Untuk memenuhinya bisa minum susu ibu hamil setiap pagi, konsumsi ikan dan yogurt. Poduk turunan susu misalnya keju juga bisa dijadikan sumber kalsium yang penting.

  • Protein

Nutrisi lain yang wajib terpenuhi pada masa kehamilan adalah protein. Nutrisi ini berperan vital dalam memperbaiki jaringan, sel dan otot dan mencegahnya dari kerusakan. Selain itu, protein pun penting untuk melancarkan suplai darah pada tubuh dan mempengaruhi pertumbuhan  otak janin. Asupan protein ini dapat ditemukan pada olahan daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, susu dan biji-bijian.

  • Serat

Nutrisi serat pada ibu hamil bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah sehingga dapat terhindar dari diabetes. Nutrisi serat ini  juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Apalagi bumil rawan terkena sembelit selama awal kehamilan. Bumil bisa mendapatkan asupan kaya akan serat dari sayuran berdaun hijau, almond dan gandum.

  • Karbohidrat

Nutrisi karbohidrat pada bumil bermanfaat dalam memenuhi kalori tubuh. Karbohidrat yang akan diubah menjadi gula akan menjadi sumber utama energi tubuh. Asupan nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan proses tumbuh kembang janin. Sumber kabohidrat bisa diperoleh dari nasi merah, kentang dan roti gandum. 

Terpenuhinya nutrisi pada ibu hamil dengan sempurna akan sangat membantu kesehatan ibu hamil selama melalui fase tiap trimesternya. Penting pula untuk pertumbuhan janin di dalam rahim sehingga tidak akan mengalami lahir cacat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *