July 4, 2022

3 Penyebab Anemia Ibu Hamil Beserta Dampaknya

Salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita hamil yakni Anemia. Penyakit ini dapat mengganggu kesehatan Ibu dan bayi. Meskipun gangguan ini sudah biasa muncul pada Ibu hamil, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Anemia dapat berakibat fatal jika terus dibiarkan tanpa penanganan sesegera mungkin. Lalu, apa penyebab Anemia Ibu hamil dan juga dampaknya?

Berikut adalah rangkuman terkait penyebab dan juga dampak Anemia pada wanita hamil:

Kebutuhan asam folat tidak tercukupi

Folat merupakan sejenis vitamin B. Fungsinya yakni untuk membantu memproduksi sel darah merah (eritrosit) yang sehat. Asam Folat dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan janin.  Selain itu, vitamin ini juga akan menjaga kesehatan Anda selama hamil. 

Penyebab umum munculnya Anemia yakni tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin B. Hal ini bisa terjadi karena kekurangan Asam Folat dalam tubuh. Kekurangan Folat dapat menurunkan jumlah eritrosit. Akibatnya, bayi akan mengalami cacat lahir. 

Dampak:

Seperti uraian diatas, cacat lahir bisa terjadi karena tubuh tidak mendapatkan Asam Folat yang seimbang. Umumnya, cacat lahir tersebut menyerang daerah tulang belakang dan otak. Selain itu, kemungkinan besar, bayi akan terlahir prematur. Bahkan, berat badan Anda pun akan menurun drastis setelah melahirkan.

Kebutuhan zat besi sangat minim

Penyebab Anemia Ibu hamil yang selanjutnya yakni kekurangan zat besi. Selama  hamil, penting bagi Anda untuk memperbanyak asupan zat besi. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah Hemoglobin. 

Jika ini terjadi, maka Hemoglobin tidak akan bisa maksimal menyebarkan oksigen ke paru-paru dan seluruh tubuh.

Dampak:

Anda bisa mengalami beberapa hal berikut jika tidak mengonsumsi asupan Fe dengan baik. Contohnya adalah berat badan berkurang drastis, melahirkan bayi prematur, dan juga pendarahan hebat. Bahkan, hal ini juga akan menyebabkan depresi pada wanita hamil. 

Kebutuhan B12 tidak seimbang

Selama hamil, tubuh Anda sangat membutuhkan vitamin B12. Vitamin ini berguna untuk membantu pembentukan eritrosit. Maka, Anda harus tetap berusaha untuk memakan makanan sehat, bergizi, mengandung B12. Contoh makanan yang mengandung B12 adalah hati ayam, daging ayam, telur, dan susu. 

Dampak:

Eritrosit menurun 🡪 Menurunnya eritrosit dapat mengakibatkan tubuh Anda sering lesu dan lelah. 

Perkembangan janin terganggu 🡪 ini akan membuat bayi terlambat dalam berkembang. Bahkan, tabung saraf bayi juga kemungkinan akan mengalami kecacatan. 

So, Anda harus berupaya sebaik mungkin agar tetap mengonsumsi sumber B12. Dengan begitu, risiko terjadinya hal buruk pada Anda dan bayi akan berkurang. 

Itulah 3 penyebab Anemia pada Ibu hamil. Ingat, berapapun usia kandungan Anda, Anemia bisa menyerang sewaktu-waktu. Maka, tetaplah mengonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung zat besi, B12, dan juga Asam Folat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.